Bahasa Jiwa

Sudah 2 minggu ini RD mendengarkan dan menyenandungkan lagu baru milik Maidany. Sebenarnya bukan lagu baru sih, tapi RD aja yang baru dapat lagu itu dari pak Indrawan. Begini liriknya...

Tidak semua manusia mengerti segala perasaan

Yang ada di hati kita

Tidak pula dapat selalu memahami gejolak jiwa

Yang ada di dalam diri kita



Janganlah selalu mengharapkan orang lain harus mengerti akan perasaanmu

Walaupun ia adalah sahabat karibmu sendiri



Karena perasaan adalah bahasa hati yang dapat berubah di setiap waktu

Hari ini ia adalah orang yang sangat mengerti akan perasaan hatimu

Mungkin esok ia adalah orang yang paling tidak memahamimu

Janganlah memaksa karena saudaramu juga hanyalah seorang manusia biasa


Cukuplah hanya Allah tempat mencurahkan segala isi yang ada di hati kita dan menumpahkan segala perasaan yang ada di jiwa


Tidak semua manusia mengerti segala perasaan yang ada di hati kita


Lagu ini dirate lebih dari 5 bintang oleh pak Indrawan, karena musiknya yang memadukan etnik dan harmonisasi nada monotone serta liriknya yang memberikan pesan yang penuh dengan nasehat. Bahwasanya tidak setiap orang di dunia ini mampu mengerti perasaan yang ada di hati kita, walaupun dia adalah salah seorang sahabat karibmu sendiri yang sudah kau kenal sejak berpuluh tahun yang lalu.

Di saat kita sedang dalam kondisi yang serba tertekan, banyak permasalahan dan mood yang tidak baik, sering kita merasa bahwa setiap orang harus mengerti perasaan kita. Padahal tidak setiap orang mampu memahami apa yang kita rasakan, mereka juga memiliki kehidupan mereka. Mungkin, sebagai sahabat baik seseorang bisa mendengarkan keluh kesahmu tetapi belum tentu ia memahami apa yang kau inginkan. Gejolak jiwa dalam diri kita sangat sulit untuk dimengerti, karena -dalam lagu ini disebut bahasa hati- memang benar menterjemahkannya dalam bahasa lisan kita sehari - hari tidaklah mudah dan tidak mungkin terterjemahkan seutuhnya. Pasti ada bagian bagian - bagian yang tidak dapat difahami, dimengerti dan dirasakan oleh orang lain walaupun dia adalah sahabat dekatmu.

Setiap orang punya kehidupannya sendiri. Hal itu bisa diterjemahkan sebagai isyarat bahwasanya kita tidak boleh egois memaksakan orang lain masuk ke dalam ruang kehidupan kita untuk membantu menyelesaikan masalah yang ada dalam kehidupan kita. Namun, terkadang kita selalu berharap dan terlalu memaksakan orang lain untuk hadir dan mengerti semua yang ada dalam kolam kehidupan kita.

Karena mereka adalah seorang manusia biasa, maka jangan berharap semua permasalah diri akan selesai walaupun kita mengklasifikasikan permasalahan kita untuk dicurhatkan kepada tiap orang yang berbeda. Bercerita tentang bisnis ke akh Ahmad, tentang keluarga ke akh Budi, tentang kualitas diri ke akh Burhan, tentang konsistensi dan lainnya ke akh yang lain. Tetaplah Allah yang menjadi satu - satunya zat tempat kita mencurahkan semua hal, karena Allah yang menciptakan Alam Semesta ini beserta isinya, menciptakan kita dengan masing - masing karakter kita dan menciptakan hubungan antara kita semuanya.

0 komentar:

Posting Komentar