Kesalahan

Entah mengapa rasanya malam ini RD jadi ingin terus menulis sejak menemukan buku DUNIA TANPA SEKOLAH karya Muh. Izza Ahsin yang menceritakan pemuda seusia RD dengan yakin memilih melarikan diri dari sekolah dan menekuni dunianya sendiri walaupun harus menghadapi banyak tantangan dan tentangan dari banyak orang di lingkungannya. Pada akhirnya, cita - citanya menjadi penulis membuatnya memilih jalan yang tidak banyak orang memilihnya, PUTUS SEKOLAH karena memilih...

Memang, RD belum membeli buku tersebut. Namun, secara garis besar RD mengetahui penuh apa yang sebenarnya ada di pikiran Izza tersebut. RD merasakannya sekarang, ingin memberontak untuk tidak sekolah. Tetapi RD punya visi jauh ke depan, bisa dikatakan visi RD setipe dengan visi yang dimiliki oleh Izza, namun pada kenyataanya setiap orang memiliki jalan pilihannya sendiri. Memang, menjadi seorang pakar Ekonomi Ummat tidak harus melanjutkan kuliah hingga S3, itulah sebabnya RD tidak muluk - muluk mencanangkan untuk kuliah sampai dengan S3 saja, namun cukup S1 dan lebih banyak terjun ke lapangan.

Satu hal yang menjadi masalah Ummat pada umumnya saat ini adalah masalah ketenagakerjaan, bagaimana mungkin Indonesia yang setiap tahunnya meluluskan-memberi ijazah lebih dari ribuan orang, mempunyai jumlah pengangguran lebih dari 40 juta orang ? Dimana SDM - SDM yang telah berijazah itu ? Mengapa masih banyak perusahaan beriklan di koran dan majalah mengenai lowongan pekerjaan ? Padahal banyak sekali seharusnya stok SDM yang dapat diambil dari berbagai PT ? Ironis bukan ?

Ada satu kesalahan mendasar dalam pola pikir masyarakat pada umumnya ;

" Bagaimana bisa orang yang ingin Belajar tanpa Sekolah dianggap lebih buruk daripada mereka yang bersekolah namun tidak belajar !? "


0 komentar:

Posting Komentar