Nasehat Hari Ini ( Generasi )

Yang menyebabkan musnahnya sebuah generasi dalam keluarga adalah karena adanya sebuah kesalahan pewarisan. Sebuah keluarga sukses di satu periode belum tentu kesuksesannya akan bisa berlanjut di periode selanjutnya, apabila tidak diwariskan kepada penerusnya nilai - nilai kesuksesan. Para generasi penerus hanya disuruh menikmati masa muda mereka dan diharapkan bisa meneruskan perusahaan keluarga yang dimiliki di periode yang akan datang, namun pada kenyataannya tidak pernah bisa dan tidak akan pernah bisa jika sebuah generasi penerus hanya dibiarkan begitu saja tanpa penempaan berkelanjutan kemudian membawa kesuksesan di masa yang akan datang.

Tengoklah cerita di Solo, bagaimana nasib keluarga - keluarga juragan batik yang dahulu terkenal kesuksesannya dan kekayaannya di masa ini ? Hanya sebagian kecil saja dari mereka yang mampu bertahan, kalaupun ada itupun hanya mampu bertahan dan tidak mampu maju. Mengapa ?

Karena dahulu, pada masa kejayaan mereka, mereka tidak memperhatikan bagaimana agar kesuksesan ini bertahan selama bertahun - tahun ke depan. Anak - anak mereka-pun dibiarkan hanya menikmati masa muda mereka dengan berhura - hura, tidak diwariskan sedikit-pun pelajaran berbisnis, kemandirian ataupun nilai - nilai yang bernilai positif untuk sebuah kesuksesan. Dan kita bisa melihat sekarang, bagaimana keadaan generasi penerus mereka... :)

Ada sebuah cerita lain, yaitu tentang Soichiro Honda. Seseorang yang namanya diabadikan untuk menjadi nama salath satu perusahaan otomotif terbesar di dunia. Kesuksesannya dalam mendirikan dan membangun HONDA diwariskan kepada anaknya, bukan dengan mewariskan kepemilikan HONDA kepada anaknya tersebut, justru Soichiro tidak mewariskan sedikit-pun saham di HONDA kepada anaknya tersebut. Dia banyak memberikan pelajaran kepada anaknya dengan nilai - nilai di luar itu semua, ketika ditanya mengapa ia tidak mewariskan barang sedikit saja kepada putra - putranya, ia menjawab...

"..sudah cukup KEMANDIRIAN yang aku wariskan kepada mereka, itu bahkan lebih besar daripada HONDA..."

0 komentar:

Posting Komentar